Pengerian Manajemen
Menurut Para Ahli
1. Menurut Henry Fayol
Menyebutkan
ada lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah,
mengordinasi, dan mengendalikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah
elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen
yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk
mencapai tujuan
2. Menurut Prof. Oie
Liang Lee
“Manajemen
adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan
bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
3. Menurut Richard
L.Daft (2002:8) mendefinisikan sebagai berikut:
“Manajemen
adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan
efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian
sumberdaya organisasi.”
4. Menurut James A.F.
Stoner (2006:Organisasi.org)
“Manajemen
adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan
pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya
yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
sebelumnya”.
5. Menurut Mulayu S.P.
Hasibuan (2000:2) mengatakan bahwa :
“Manajemen
adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan
sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.”
6. Menurut Dr. Sp.
Siagian dalam buku “FILSAFAT ADMINISTRASI”
Pengertian
Manajemen dapat di definisikan sebagai : “Kemampuan atau keterampilan untuk
memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain”
7. Menurut Ordway Tead
yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku “ORGANISASI DAN MANAGEMENT“
Manajemen
adalah “Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah
penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah
ditetapkan”.
8. Menurut Marry
Parker Follet
“Manajemen
adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain
Diatas
adalah berbagai pengertian yang diambil blogbintang.con berdasarkan pendapat
menurut para ahli.
Pengertian sistem
informasi/informatika manajemen
1.
Manajemen informatika adalah pemanfaatan sumber daya secara efektif dibidang
informasi untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan
2.
Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang
menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu
mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna
meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar
kriteria mutu yang telah ditetapkan.
Pengertian Manajemen
pemasaran
1.
Menurut Dharmmesta dan Handoko, yang dimaksud dengan manajemen pemasaranadalah
berbagai kegiatan pokok yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk terus
mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya, untuk kemudian berkembang, dan
untuk mendapatkan laba atau keuntungan.
2.
Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran,
penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk
menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi
(Kotler, 1997).
Pengertian Manajemen
keuangan
Manajemen
Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan,
pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh
organisasi atau perusahaan.
Penjelasan Singkat
Masing-Masing Fungsi :
Perencanaan
Keuangan : Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan
lainnya untuk periode tertentu.
Penganggaran
Keuangan : Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail
pengeluaran dan pemasukan.
Pengelolaan
Keuangan : Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan
berbagai cara.
Pencarian
Keuangan : Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional
kegiatan perusahaan.
Penyimpanan
Keuangan : Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan
aman.
Pengendalian
Keuangan : Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan
pada paerusahaan.
Pemeriksaan
Keuangan : Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar
tidak terjadi penyimpangan.
Pengertian
Manajemen pendidikan
1.
Menurut Tony Bush(1986-2003), manajemen pendidikan adalah bidang studi dan
praktek terkait dengan operasi organisasi pendidikan
2.
Menurut Made Pidarta(1988:4). Aktifitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar
terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan
sebelumnya
Pengertian Manajemen
sumber daya manusia (sdm)
Manajemen
sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana
mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh
individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal
sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat
menjadi maksimal.MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah
manusia - bukan mesin – dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.Kajian MSDM
menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi,sosiologi, dll.
Pengertian Manajemen
resiko
Manajemen
risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola
ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia
termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan
mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.
Strategi yang dapat diambil antara lain adalah memindahkan risiko kepada pihak
lain, menghindari risiko, mengurangi efek negatif risiko, dan menampung
sebagian atau semua konsekuensi risiko tertentu. Manajemen risiko tradisional
terfokus pada risiko-risiko yang timbul oleh penyebab fisik atau legal (seperti
bencana alam atau kebakaran, kematian, serta tuntutan hukum. Manajemen risiko
keuangan, di sisi lain, terfokus pada risiko yang dapat dikelola dengan
menggunakan instrumen-instrumen keuangan.
Pengertian Manajemen
strategi
Pengertian
manajemen strategi menurut Michael A. Hitt & R. Duane Ireland & Robert
E.Hoslisson (1997,XV)Manajemen strategis adalah proses untuk membantu
organisasi dalam mengidentifikasiapa yang ingin mereka capai, dan bagaimana
seharusnya mereka mencapai hasil yang bernilai. Besarnya peranan manajemen
strategis semakin banyak diakui pada masa-masaini dibanding masa-masa
sebelumnya. Dalam perekonomian global yang memungkinkan pergerakan barang dan
jasa secara bebas diantara berbagai negara, perusahaan- perusahaan terus
ditantang untuk semakin kompetitif. Banyak dari perusahaan yang
telahmeningkatkan tingkat kompetisinya ini menawarkan produk kepada konsumen
dengannilai yang lebih tinggi, dan hal ini sering menghasilkan laba diatas
rata-rata
Pengertian Manajemen
akuntansi manajemen
Akuntansi
Manajemen atau Akuntansi Manajerial adalah sistem akuntansi yang berkaitan
dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajer atau
manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan dasar kepada manajemen
untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap
dalam pengelolaan dan melakukan fungsi kontrol.
Pengertian Manajemen
operasional
1.Menurut
Jay Heizer dan Barry Render manajemen operasi adalah serangkaian kegiatan yang
menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi
output.
2.
Menurut Pangestu Subagyo, manajemen operasi adalah penerapan ilmu manajemen untuk
mengatur kegiatan produksi atau operasi agar dapat dilakukan secara efisien.
Pengertian Manajemen
produksi
Manajemen
produksi adalah merupakan kegiatan untuk mengatur danmengkoordinasikan
penggunaan sumber-sumber daya berupa sumber dayamanusia, sumber daya alat, dan
sumber daya dana serta bahan secara efektif danefisien, untuk menciptakan dan
menambah kegunaan (utility) suatu barang atau jasa. Banyak upaya yang dilakukan
dalam manajemen produksi terkait dengantujuan untuk meningkatkan produktivitas.
Dalam peningkatan produktivitasdidapatkan dua masalah penting yaitu :
Produktivitas
akan meningkt jika terdapt pernbaikan kondisi kerja
Beberapa
peningkatan produktivitas tidak dapat membantu organisasi secarakeseluruhn,
karena hasilnya terkait dengan perbaikan pada bidang tertentu,sedangkan bidang
lainnya tidak terpengaruh
Pengertian Manajemen
proyek
Proses
aktivitas manajemen yang dilakukan dalam periode tertentu dan tidak bersifat
rutin untuk mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan proyek yang telah
ditetapkan sebelumnya.
Pengertian Manajemen
file
File
system atau manajemen file adalah metode dan struktur data yang digunakan
sistem operasi untuk mengatur dan mengorganisir file pada disk atau partisi.
File system juga dapat diartikan sebagai partisi atau disk yang digunakan untuk
menyimpan file-file dalam cara tertentu. Cara memberi suatu file system ke
dalam disk atau partisi dengan cara melakukan Format
Pengertian Manajemen
berbasis sekolah
Pengertian
dan tujuan Manajemen Berbasis Sekolah MBS merupakan paradigma barupendidikan
yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah dengan maksud agar
sekolahleluasa mengelola sumber daya dan sumber dana dengan mengalokasikannya
sesuai denganprioritas kebutuhan. MBS merupakan paradigma baru pendidikan yang
memberikan otonomiluas pada tingkat sekolah dengan maksud agar sekolah leluasa
mengelola sumber daya dansumber dana dengan mengalokasikannya sesuai dengan
prioritas kebutuhan
Pengertian Manajemen
konflik
Menurut
Ross (1993), manjemen konflik merupakan langkah-langkah yang diambil para
pelaku atau pihak ketiga dalam rangka mengarahkan perselisihan kearah hasil
tertentu yang mungkin atau tidak mungkin menghasilkan suatu akhir berupa
penyelesaian konflik. Di samping itu, mungkin atau tidak mungkin dapat menghasilkan
ketenangan, hal positif, kreatif, bermufakat, atau agresif. Manajemen konflik
merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam
suatu konflik. Manajemen konflik termasuk
pada suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan
pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar
dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interprestasi.
Bagi pihak luar (diluar yang berkonflik) sebagai pihak ketiga, yang diperlukannya
adalah informasi yang akurat tentang situasi konflik. Hal ini karena komunikasi
efektif di antara pelaku dapat terjadi jika ada kepercayaan terhadap pihak
ketiga.
The Last Everquest: Titanium Edition
BalasHapusThe Last Everquest: Titanium Edition. Made by iron titanium token Sega. This original cartridge only plays thunder titanium lights NTSC game ceramic vs titanium flat iron music. Works black titanium rings perfectly on original westcott scissors titanium cartridges,